Pages

Ads 468x60px

0

Labels

Jumat, 24 Februari 2012

Menjemur Baterai Tidak Menambah Daya


Berbagai cara dilakukan untuk menghemat baterai,termasuk melakukan tindakan yang  tidak lazim. Mulai  dari menjemur sampai direbus dengan air panas. Semua itu dipercaya sebagian orang dapat membuat baterai yang sudah habis bisa digunakan lagi.
Sejatinya, reaksi kimia pada baterai selain menghasilkan energi listrik juga menghasilkan air. Bagian pembungkus yang sekaligus sebagai katoda(bagian negatif listrik)pada baterai yang sudah terpakai akan keropos dan mengeluarkan cairan. Cirinya, jika dipijit akan terasa lunak dan mengeluarkan cairan. Cairan dan hasil reaksi kimia akan menggangu jalanya  aliran listrik dari batang karbon menuju ke seng pembukus
Dengan menjemur baterai, maka karbon dan seng akan menjadi kering sehinga aliran elektron menjadi lancar kembali.
Namun, menjemur baterai yang telah terpakai tidak bisa mengembalikan atau mengisi energinya. Tindakan itu hanya meningkatkan kinejanya untuk sementara.menjemur baterai primer berarti mengeringkan karbon yang mulai lembab dan berair. Akan lebih baik jika mempertahankan baterai yang sudah ada supaya energinya tidak cepat habis ataupun rusak. Salah satu caranya dengan mengetahui karakteristik baterai.
Baterai sekali pakai baik untuk jenis karbon -seng maupun alkaline tidak sesuai dengan peralatan yang menyedot daya besar seperti motor bor. Baterai ini memiliki resistansi internal yang cukup besar sehingga menyebabkan baterai menjadi panas jika di beri beban yang terlalu besar. Baterai akan cepat habis bahkan rusak.
Seluruh material yang terkandung di dalam baterai mengandung bahan kimia. Jadi, memang tidak bisa dibuang sembarangan, apalgi di tanah karena bisa mencemari tanah dan tetumbuhan.
Hal yang bisa kita lakukan adalah menutup kedua kutub baterainya dengan selotip. Hal ini bertujuan memutus energinya.  Setelah itu sebaiknya sampah baterai dibuang di tempat  sampah yang tahan api. 
   
Sumber= Di sadur dari koran jawapos edisi minggu 19 februari 2012 hal 5

0 komentar:

Posting Komentar